1 Desember Batik Air Jajaki Rute Soetta-Silangit Secara Reguler

bandara silangit

Danau Toba kembali mendapat bahan bakar baru. Setelah Oktober lalu, Citilink resmi mendarat di Silangit. Kini maskapai Batik Air menyiapkan penerbangan reguler setiap hari. Rute penerbangan Bandara Soekarno Hatta-Silangit akan mulai beroperasi 1 Desember 2017.

Public Relation Lion Group Ramaditya Handoko mengatakan, Batik Air akan melayani penerbangan daily via Cengkareng ke Silangit menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan kapasitas 180 penumpang. “Setiap hari dengan nomor pernerbangan ID 6832 dari Cengkareng pukul 09.35 WIB tiba di Silangit pukul 11.45 WIB. Sedangkan pulangnya dilayani dengan penerbangan ID 6833 dari Silangit 12.20 – Cengkareng 14.30 WIB,” ucap Ramaditya di Jakarta, Rabu, 8 November 2017.

Rama mengatakan, niatan Batik Air terbang ke Bandara Silangit sudah ada sejak lama. Namun baru terealisasi Desember nanti. Dia mengatakan bandara Silangit memiliki prospek yang baik karena dikelilingi oleh 8 Kabupaten.

Terlebih pemerintah sudah menjadikan Danau Toba sebagai ikon pariwisata Indonesia sehingga akan semakin meningkatkan potensi Bandara Silangit. “Danau toba mau dijadikan ikon pariwisata. Jadi, prospeknya sangat cerah ke depan,” imbuhnya.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Danau Toba Arie Prasetyo menyambut baik penerbangan Batik Air ke Danaut Toba. Menurutnya, penerbangan tersebut akan menambah jumlah kapasitas seat.

“Nantinya akan ada total 5 penerbangan Jakarta-Silangit per hari. Atau setara 776 seat per hari. Terima kasih untuk kita semua yang telah membuat Danau Toba semakin bersinar dan menjadi destinasi unggulan,” kata Arie. (Pikiran Rakyat)

Sumber Berita: www.airmagz.com

Lakukan Pemesanan Tiket Penerbangan dengan menghubungi tim Gemilang-Tours.Com, melalui : SMS / WhatsApp ke 0822 4388 6433.

Categories: Berita | Tags: , , | Leave a comment

SilkAir Alihkan Rute Singapura-Palembang ke Scoot

Scoot Singapore Airlines

SilkAir akan mengalihkan layanan rute penerbangan Singapura-Kuching (Malaysia) dan Singapura-Palembang (Indonesia) ke Scoot. Peralihan ini akan mulai diberlakukan per tanggal 29 Oktober 2017 dan 23 November 2017. Saat ini, SilkAir memiliki jadwal penerbangan empat kali seminggu ke Kuching dan tiga kali seminggu ke Palembang. Pengalihan rute ini dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan armada Singapore Airlines Group.

“Pengalihan layanan rute penerbangan tujuan Kuching dan Palembang ke Scoot dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan sumber daya SIA Group dan juga untuk memenuhi kapasitas demi memenuhi permintaan pelanggan dengan lebih baik,” ujar Foo Chai Woo, Chief Executive SilkAir.

SilkAir sendiri akan tetap beroperasi untuk melayani di empat rute penerbangan tujuan Malaysia, seperti Kota Kinabalu, Kuala Lumpur, Langkawi dan Penang. Sedangkan untuk tujuan Indonesia, layanan penerbangan SilkAir akan tetap melayani 11 kota, seperti Balikpapan, Bandung, Denpasar (Bali), Lombok, Makassar, Manado, Medan, Pekanbaru, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Di samping pengembangan layanan penerbangan, pada bulan Mei, SilkAir juga mengumumkan untuk membuka rute baru ke Hiroshima sebagai rute penerbangan berjadwal pertama ke Jepang (sementara menunggu persetujuan akhir dari regulator) yang akan dijadwalkan mulai beroperasi pada tanggal 30 Oktober 2017. Silk Air juga akan meningkatkan frekuensi layanan penerbangan ke beberapa tujuan lainnya, seperti Cairns, Kathmandu, Yangon dan Penang sejak 29 Oktober 2017 nanti.

Scoot sendiri dijadwalkan akan mulai menjual tiket dalam waktu dekat. Penjualan tiket untuk rute penerbangan Kuching dijawalkan mulai bulan Agustus dan Palembang bulan Oktober.

CEO Scoot, Lee Lik Hsin, mengatakan, “Malaysia dan Indonesia merupakan pasar yang penting bagi Scoot, dan kami senang dapat memperluas layanan kami di kedua negara ini. Kuching dan Palembang akan melengkapi destinasi layanan penerbangan Scoot di Asia Tenggara untuk menjadi lebih kuat dan kami sangat menantikan untuk berbagi pengalaman penerbangan kepada lebih banyak pelanggan.”

Penambahan rute Kuching dan Palembang ke dalam layanan penerbangan Scoot akan meningkatkan jumlah destinasi penerbangan Scoot ke Malaysia menjadi enam, dan empat untuk Indonesia. Saat ini, kota tujuan yang dilayani Scoot di Malaysia meliputi, Ipoh, Kuala Lumpur, Langkawi, Penang dan Kuantan, yang akan mulai beroperasi pada bulan Februari 2018; sedangkan kota tujuan yang dilayani Scoot di Indonesia meliputi Denpasar (Bali), Jakarta dan Surabaya.

Menyangkut pengalihan rute ke Scoot itu, SilkAir menyatakan akan membantu para pelanggan yang telah membeli tiket untuk rute penerbangan Kuching untuk tanggal penerbangan tanggal 29 Oktober dan setelahnya. SilkAir juga akan memberikan pilihan untuk mengubah destinasi penerbangan mereka ke destinasi SilkAir yang lain di Malaysia atau tetap melanjutkan perjalanan mereka ke Kuching dengan menggunakan layanan penerbangan Scoot. Sebagai alternatif, pelanggan juga dapat memilih pengembalian biaya tiket secara penuh. Opsi yang sama juga berlaku untuk pelanggan yang telah memesan tiket rute penerbangan tujuan Palembang untuk penerbangan tanggal 23 November dan setelahnya.

Sumber Berita: indoaviation.co.id

Lakukan Pemesanan Tiket Penerbangan dengan menghubungi tim Gemilang-Tours.Com, melalui : SMS / WhatsApp ke 0822 4388 6433.

Categories: Berita, Info | Tags: , | Leave a comment

Oktober, Maskapai Lion Air Layani Penerbangan Langsung Pekanbaru – Madinah

Lion Air Pekanbaru Madinah

Lion Air merupakan maskapai penerbangan yang terkenal dengan tarif rendah. Perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini akan membuka penerbangan langsung dari Kota Pekanbaru, Riau, ke Madinah, Arab Saudi. Rencananya di Bulan Oktober Maskapai Lion Air akan membuka rute baru tersebut.

Hal itu dikatakan Area Manajer Lion Air Wilayah Batam-Pekanbaru, Novi Harahap kepada GoRiau.com, Rabu (27/9/2017). Penerbangan dari Bandara International Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru) menuju Bandara International Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz (Madinah), menggunakan pesat terbaru, yaitu Boeing 737 Max 8.

“Penerbangan perdana akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2017 dari Bandara International Sultan Syarif Kasim II. Jadwal penerbangan rute ini setiap Hari Kamis pukul 14.05 WIB dan tiba di Madinah pukul 21.10 LT,” ungkap Novi

Novi juga mengungkapkan, penerbangan sebaliknya dari Bandara International King Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi menuju Bandara International Sultan Syarif Kasim II di Pekanbaru, Riau di lakukan setiap Hari Senin.

“Dari Jeddah pukul 23.55 LT dan sampai di Pekanbaru pukul 14.55 WIB, menggunakan pesawat Lion Air Boeing 737 Max 8,” papar Novi.

Masih dikatakan Novi, Lion Air menerima kedatangan armada baru pesawat Boeing 737 MAX 8 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, 4 Agustus 2017 lalu. Pesawat dengan kode registrasi PK-LQJ itu merupakan unit Boeing 737 MAX-8 pertama yang diterima oleh Lion Air.

“Pesawat baru tersebut akan digunakan untuk rute perjalanan yang lebih jauh. Boeing 737 Max 8 bisa terbang lebih lama tanpa mengisi bahan bakar mencapai 7 jam 30 menit. Jenis 737 Max 8 merupakan pesawat boeing pertama yang memiliki fitur double winglet. Mesin Boeing 737 Max 8 juga mampu meredam suara mesin sebesar 40 persen. Pesawat ini mampu mengangkut 180 penumpang,” jelasnya.

Ditempat terpisah Public Relations Manager Lion Air Group, Andy M Saladin menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemesanan Boeing 737 Max 8 sebanyak 218 unit yang rencananya akan dikirimkan sebanyak delapan unit di tahun 2017 ini. Dari delapan unit itu, tiga unit untuk Malindo Air di Malaysia dan lima unit untuk mendukung operasional Lion Air di Indonesia.

“Lion Air saat ini mengoperasikan 113 pesawat yang terdiri dari Boeing 737-800/900 ER/Max 8 dan juga Airbus A320-300,” pungkasnya.

Sumber Berita: www.airmagz.com

Lakukan Pemesanan Tiket Penerbangan dengan menghubungi tim Gemilang-Tours.Com, melalui : SMS / WhatsApp ke 0822 4388 6433.

Categories: Berita | Tags: , , , | Leave a comment

Skytrain di Bandara Internasional Soekarno-Hatta

20759992_349117582178505_8649063329454620672_n(1)

Skytrain atau people mover di Bandara Internasional Soekarno-Hatta resmi dioperasikan. Gratis, walaupun masih belum operasi 24 jam. Setiap hari hanya operasi pukul 07.00-09.00, pukul 12.00-14.000, dan pukul 17.00-19.00. Jalur operasinya pun baru dari Terminal 3 ke Terminal 2 dan sebaliknya. Lokasi shelternya di gate 5 lantai 1 T3 dan T2-E.

“Luar biasa. Ini suatu peningkatan pelayanan dan suatu keharusan ada skytrain di bandara internasional. Ini menyenangkan,” ujar Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan, usai mencoba skytrain bersama Menteri BUMN Rini M Soemarno dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Shelter T3, Minggu (17/9/2017).

Menhub juga mengapresiasi karena peresmian operasi skytrain yang pertama di Indonesia itu bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional. “Ini bakti AP II bagi masyarakat,” ucapnya.

Rini mengatakan, pekerjaan pembangunan people mover yang pertama di Indonesia itu diperhatikan betul, sehingga dalam 12 bulan bisa mulai beroperasi. “Ini pekerjaan yang sangat membanggakan. Bukan hanya karena sinergi BUMN dan swasta juga dengan Kementerian Perhubungan. Jika sinergi seperti ini dilakukan, pembangunan public transport bisa lancar,” tuturnya.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, dioperasikannya skytrain itu sebagai wujud dari komitmen pemerintah dalam membangun negeri melalui sinergi BUMN. Kolaborasi antara AP II, Wijaya Karya, dan LEN Industri merupakan salah satu contoh kerjasama yang bermanfaat bagi pelayanan kepada masyarakat.

Pengoperasian skytrain dilakukan setelah Kemhub melakukan sejumlah verifikasi, khususnya terkait dengan keselamatan, keamanan, dan pelayanan penerbangan. Lantas diterbitkan Keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor KP 841 Tahun 2017 tentang Izin Operasi Perkeretaapian Khusus kepada PT Angkasa Pura II (Persero).

Muhammad Awaluddin mengatakan, skytrain sebagai moda transportasi publik modern belum pernah ada sepanjang sejarah di Indonesia dan sekarang dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. “Hal ini menandakan bahwa dunia transportasi nasional terus berkembang demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Moda transportasi kereta tanpa awak itu menggunakan sistem automated guideway transit. Namun pada tahap awal operasionalnya, skytrain masih melibatkan pengemudi hingga sekitar enam bulan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari familiarisasi dan sosialisasi kepada publik dan setelah itu skytrain akan beroperasi tanpa awak

Pada tahap awal, lintasan yang dilalui skytrain pun baru sepanjang 1.700 meter. Ke depan, lintasannya mencapai 3.050 meter menghubungkan juga Terminal 1 dan Integrated Building yang merupakan stasiun KA Bandara. Saat beroperasi penuh, headway skytrain ditetapkan setiap 5 menit dengan total waktu tempuh 7 menit. Namun saat ini baru tersedia satu set skytrain yang terdiri dari dua kereta berkapasitas 176 orang dan waktu tempuhnya lebih lama.

“Kami berharap keberadaannya dapat menjadi semacam inisiator perkembangan moda transpotasi di Indonesia demi kemudahan perpindahan masyarakat dari satu tempat ke tempat lain. Pengoperasian skytrain ini juga merupakan salah satu persiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam menyambut pelaksanaan Asian Games 2018,” ungkap Awaluddin.

Sebelum akhir tahun ini, pada 16 Desember 2017, seluruh pembangunan skytrain di Soekarno-Hatta akan rampung dan beroperasi. Hal ini juga akan bersamaan dengan selesainya pembangunan KA Bandara dari Dukuh Atas Jakarta dan juga bisa beroperasi. “Ultimate, pembangunan lintasan dan shelter skytrain bukan cuma di T3, T2, T1, dan Integrated Building serta shelter depo perawatan, tapi juga ke T4 yang rencananya akan dibangun di area Soewarna itu,” ujar Awaluddin.

Total nilai investasi proyek skytrain tersebut mencapai sekitar Rp.950miliar; Rp.530miliar untuk pengadaan trainset dan Rp.420miliar untuk pembangunan lintasan. Pengadaan trainset disiapkan oleh PT LEN Industri (Persero) dan Woojin asal Korea Selatan, sedangkan pembangunan lintasan dan shelter oleh PT Wijaya Karya Tbk dan PT Indulexco.

Direktur Operasi PT Angkasa Pura II, Djoko Murdjatmojo menjelaskan, skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta ditempatkan di sisi darat atau landside seperti yang ada di bandara di San Fransisco, bukan di sisi udara atau airside seperti di Bandara Changi, Singapura. Hal ini karena Soekarno-Hatta memiliki sistem multi terminal, yang masing-masing terminal beroperasi secara individu, sehingga penumpang transit antarterminal berpindah melalui landside.

“Dari analisis menunjukkan bahwa pergerakan penumpang dan pengguna jasa seluruhnya melalui landside, sehingga penempatan skytrain sudah sesuai kebutuhan di lapangan,” ucap Djoko

Sumber Berita: indoaviation.co.id

Lakukan Pemesanan Tiket Penerbangan dengan menghubungi tim Gemilang-Tours.Com, melalui : SMS / WhatsApp ke 0822 4388 6433.

Categories: Berita | Tags: , , | Leave a comment

Rute NAM Air Hubungkan Nabire, Dekai, Biak, Jayapura

Rute Baru Nam Air Juli 2017

Mulai tanggal 20 Juli 2017, NAM Air akan segera menghubungkan Indonesia Timur pakai ATR 72-600. Rute baru yang akan segera dibuka NAM Air adalah Nabire-Biak pp, Nabire-Jayapura pp, dan Jayapura-Dekai pp. Ketiga rute itu akan diterbangi setiap hari sekali.

Senior Manager Corporate Communications Sriwijaya Air Group Agus Soedjono meyakini terobosan baru yang dilakukan oleh Nam Air menggunakan pesawat ATR ini dapat membuka koneksitas transportasi udara di wilayah Provinsi Papua.

“Dengan dioperasikannya pesawat ATR berkapasitas 72 penumpang diharapkan bisa membantu pemenuhan jasa angkutan udara bagi semua warga di Indonesia Timur. Dan lebih jauh lagi, semoga kehadiran rute baru Nam Air ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta membantu percepatan pembangunan dan pariwisata di tanah Papua,” kata Agus.

Rute Nabire-Biak pp, berangkat dari Nabire pukul 06.30 WIT dan tiba di Biak pukul 07.20 WIT. Sedangkan penerbangan sebaliknya, berangkat dari Biak pukul 07.45 WIT dan akan tiba kembali di Nabire pada pukul 08.35 WIT.

Sedangkan penerbangan Nabire-Jayapura pp, berangkat dari Nabire pukul 09.00 WIT dan tiba di Jayapura pukul 10.40 WIT. Sedangkan untuk penerbangan sebaliknya yaitu berangkat dari Jayapura pukul 13.55 WIT dan akan tiba kembali di Nabire pada pukul 15.35 WIT.

Jayapura-Dekai pp, berangkat dari Jayapura pukul 11.15 WIT, tiba di Dekai pukul 12.05 WIT. Sedangkan penerbangan sebaliknya yaitu berangkat dari Dekai pukul 12.30 WIT dan tiba kembali di Jayapura pukul 13.20 WIT.

Selain menuju Biak, pelanggan Nam Air dari Nabire kelak dapat menikmati layanan penerbangan lanjutan ke Dekai. Dan untuk pelanggan yang melakukan penerbangan dari Nabire ke Jayapura nantinya dapat menikmati penerbangan lanjutan hingga ke Yogyakarta, Makassar dan juga Jakarta. Layanan tersebut juga berlaku untuk penerbangan sebaliknya.

Selain tiga rute baru itu, Nam Air juga berencana mengoperasikan pesawat ATR 72-600 berikutnya untuk penerbangan dari dan ke Fakfak, Raja Ampat, Kaimana, Sorong dan Manokwari.

Sumber Berita: indoaviation.co.id

Lakukan Pemesanan Tiket Penerbangan dengan menghubungi tim Gemilang-Tours.Com, melalui : SMS / WhatsApp ke 0822 4388 6433.

Categories: Berita | Tags: , , | Leave a comment