browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Menhub: Bandara Kertajati Siap Beroperasi Juni 2018

Posted by on May 6, 2018

Bandara Kertajati

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat bisa beroperasi penuh pasca-lebaran Idul Fitri 2018.

Dengan begitu, masyarakat di sekitar Majalengka tak perlu jauh-jauh apabila hendak bepergian menggunakan pesawat terbang sebab rencananya, Bandara Kertajati bakal melayani penerbangan domestik dan internasional.

Saat ini, bandara tersebut tengah menunggu proses finishing saja. “Besok siang saya mau ke Kertajati. Mungkin Juni kali ya mulai operasi,” kata Budi Karya di Jakarta, Selasa (3/4/2018).

Selain menyelesaikan tahap akhir pembangunan bandara, Budi Karya juga menerangkan kalau pihaknya bakal berkoordinasi untuk menyiapkan perihal imigrasi dan kepabeanan. “Saat ini kami harus berkoordinasi dengan imigrasi, bea cukai, dan sebagainya. Karena begitu buka kita harapkan Kertajati jadi bandara internasional,” imbuhnya.

Salah satu penerbangan internasional yang akan dilayani di Bandara Kertajati adalah penerbangan haji. Masyarakat Jawa Barat nantinya tak perlu lagi ke Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk menjalankan ibadah haji. “Kita akan lakukan haji tahun ini. Oleh karenanya hari ini saya akan ada rapat dengan beberapa stakeholder untuk membahas semuanya,” jelas Budi Karya.

Bandara Kertajati sudah cukup memadai untuk melayani penerbangan haji dan umrah. Fasilitas untuk kenyamanan calon jamaah juga disiapkan yakni hadirnya, lounge haji dan umroh seluas 1.300 meter2 yang ada di area lantai tiga.

Begitu juga dengan panjangnya landasan pacu yang saat ini masih diangka 2.500 meter. Dengan panjang tersebut maskapai seperti Garuda Indonesia menawarkan pesawat Boeing 737 sebagai penyesuaian terhadap runway yang ada.

Karena untuk menggunakan Boeing 777 yang bisa direct ke Jedah, runway bandara ini harus memiliki panjang sampai 3.000 meter. Sisa dari perpanjangan runway 500 meter saat ini akan dilaksanakan PT Angkasa Pura (AP) II selaku operator bandara dan rampung pada Oktober 2018 mendatang.‎

Sumber Berita: www.kompas.com

Lakukan Pemesanan Tiket Penerbangan dengan menghubungi tim Gemilang-Tours.Com, melalui : SMS / WhatsApp ke 0822 4388 6433.

Desain Bandara Kertajati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>